Kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2022 RSUD dr. R. Soetrasno Rembang : “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS”

 

RSUD dr. R. Soetrasno Rembang memperingati Hari Aids Sedunia (HAS) dengan beberapa kegiatan yang digelar di Gedung Diklat RS pada Kamis (01/12/22). Kegiatan dengan tema “Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS” ini dilaksanakan dengan beberapa kegiatan diantaranya : (1) Senam kesehatan jasmani (2) Pemeriksaan HIV gratis bagi nakes RSUD sebanyak 20 orang (3) Seminar sosialisasi tatalaksana HIV bagi petugas Kesehatan dengan narasumber dr. Tjoe lvone Wulansari, Sp.PD tentang Pecegahan Penularan HIV/AIDS, dr. Noer Hidayati,Sp. KK tentang Infeksi Menular Seksual dan diikuti oleh perwakilan PDP se-kabupaten Rembang dan dari Dinas Kesehatan.

Dalam kegiatan ini Ketua Tim HIV RSUD Dr. R. Soetrasno Rembang, dr.Tjoe Ivone Wulansari, Sp.PD memberikan sambutan, “Hari AIDS Sedunia (HAS) yang diperingati pada tanggal 1 Desember menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak, baik Pemerintah Daerah maupun masyarakat harus bersinergi dan bergandengan tangan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV & AIDS di Kabupaten Rembang. Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2022 ini mengusung Tema “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS, dapat dijadikan momentum untuk melaksanakan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV & AIDS, juga sebagai bentuk kepedulian serta bentuk Empati masyarakat terhadap Orang yang telah ter-infeksi HIV,”

”Semakin banyak masyarakat yang mengetahui status HIV dan mendapatkan pengobatan ARV dini maka dapat mendorong percepatan tercapainya penurunan epidemi HIV sehingga Indonesia dapat mencapai“3 Zero” yaitu yang pertama adalah tidak ada infeksi baru HIV, yang kedua tidak ada kematian akibat AIDS dan yang ketiga adalah tidak ada stigma dan Diskriminasi untuk mencapai Eliminasi HIV pada 2030.

Sementara itu, Plt. Direktur RSUD dr. R. Soetrasno Rembang dr. Agus Setiyo HP., M.Kes, juga menambahkan dalam sambutannya: “Penyediaan layanan kesehatan yang ramah komunitas dan ODHIV ikut mendukung program penanggulangan HIV & AIDS. Mari Jaga dan terus lakukan Sinergitas Penggiat HIV & AIDS dari berbagai komponen OPD anggota Komisi Penanggulangan AIDS, LSM, Akademisi, Relawan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat melalui perannya masing-masing dalam Penanggulangan HIV & AIDS menuju Rembang Tanpa Stigma dan Three Zero HIV&AIDS Tahun 2030,” tandasnya.

Dalam rangkaian Peringatan acara tersebut diakhiri dengan dibagikan beragam kenang-kenangan dan doorprize. Acara ditutup dengan berdoa bersama pada pukul 12.3O WIB.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *