Hari Pendengaran Sedunia 2023 : Langkah Pencegahan Menjaga Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Hari Pendengaran Sedunia diperingati setiap tanggal 3 Maret bertujuan mengkampanyekan pentingnya kesadaran dan kepedulian menjaga kesehatan telinga dan mencegah gangguan pendengaran.

Berdasarkan  World Health Organization (WHO) peringatan Hari Pendengaran Sedunia tahun 2023 mengusung tema Pelihara Telinga dan Pendengaran Untuk Semua! Mari Kita Wujudkan. Pada momentum ini masyarakat juga perlu mengetahui tips cara merawat kesehatan telinga untuk pendengaran yang baik.

Gangguan pendengaran yang terjadi dari tuli sebagian (kurang dengar) atau tuli berat dapat menghambat produktivitas sehari-hari terutama saat berkomunikasi. Apabila telinga menjadi kurang dengar maka bisa terjadi kesalahpahaman saat berkomunikasi dengan lawan bicara.

Meski hal ini dapat diatasi dengan bantuan komunikasi secara simbolis tetapi prosesnya dapat menjadi lebih lama dan juga tidak seluruh penderita bisa memahami.

Dari data WHO pada bulan Februari 2017 mencatat ada 5% dari populasi dunia atau sekitar 360 juta orang yang menderita gangguan pendengaran.

Faktor penyebab gangguan pendengaran

Adapun gangguan pendengaran yang diderita dapat terjadi karena berbagai macam faktor yaitu:

  • Terlalu lama mendengar kebisingan
  • Gangguan sejak lahir
  • Proses penuaan dimana terjadi degenerasi sel-sel sensorik penerima sensasi dengar
  • Terdapat benda asing yang menghalangi telinga

Cara Pencegahan untuk Kesehatan Pendengaran

Berikut adalah langkah pencegahan yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga dan pendengaran anda.

  1. Pada ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan teratur dan segera berobat apabila terdapat demam yang disertai dengan ruam merah pada tubuh, jangan minum jamu atau obat apabila tidak disarankan oleh tenaga medis;
  2. Untuk balita agar usahakan tidak meminum susu botol sebelum bayi berumur satu tahun untuk mengurangi infeksi saluran nafas. Selain itu agar tuba Eustachius (salran penghubung tenggorakan dengan telinga tengah) lebih terlatih dan berfungis baik;
  3. Memperhatikan kebersihan liang telinga;
  4. Tidak minum obat dalam jangka panjang tanpa konsultasi dengan dokter;
  5. Hindari suara bising;
  6. Hindari makan obat sembarangan;
  7. Hindari membersihkan telinga dengan benda keras seperti batang bulu ayam, batang rumput, dan batang korek api.

Mari kita jaga pendengaran kita karena kemampuan mendengar sangat penting untuk berkomunikasi. Dengan tampilnya generasi yang berpendengaran  sehat akan mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *