KEGIATAN PELAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN (MCU) CALON JEMAAH HAJI (CJH) KABUPATEN REMBANG

Proses keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) menuju tanah suci meliputi beberapa tahapan yang harus di lalui, salah satunya terkait dengan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini memiliki peran penting dalam menentukan layak atau tidaknya CJH untuk melakukan pelunasan biaya haji dan keberangkatan ke tanah suci, selain itu pemeriksaan kesehatan ini juga bertujuan untuk memberikan perlidungan kesehatan bagi CJH selama berada di tanah suci. Melihat perbedaan kondisi geografis dan kultur di Arab Saudi yang sangat jauh berbeda dengan kondisi di tanah air, sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Jamaah haji nantinya. Dengan mempertimbangkan hal tersebut maka perlu di adakan persiapan guna mengatasi masalah perbedaan kondisi geografis dan kultur saat di tanah suci nantinya.

Sebanyak 410 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rembang yang akan berangkat pada periode tahun 2023, menjalani Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetrasno Rembang.

Menurut Kasi Pelayanan Medik dr. Intaningtyas Subawati, M.Hkes selaku koordinator pelaksaan MCU menyampaikan bahwa, MCU yang dilaksanakan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pemeriksaan penunjang yang dilakukan di Gedung Paviliun Kartini lt.2 dan dilanjutkan dengan konsultasi dokter spesialis disesi kedua di Gedung Diklat lt.2.

“RSUD Rembang siap mendukung pelaksanaan MCU bagi jamaah haji dengan menyiapkan tempat khusus yaitu di Gedung Paviliun Kartini Lt.2 dan Gedung Diklat Lt.2 mengingat jumlah pesertanya sebanyak 410 orang,” pungkasnya.

Kegiatan MCU dilaksanakan mulai Senin (13/03/2023) s/d Sabtu (18/03/2023) meliputi 8 Kecamatan yaitu Bulu, Sulang, Sumber, Gunem, Rembang, Kaliori, Pancur dan Lasem.

Pada MCU sebelumnya, sudah dilaksanakan pemeriksaan di puskesmas yang telah di tunjuk oleh Dinkes Kabupaten Rembang  untuk penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dan dimaksudkan untuk mengetahui status kesehatan setiap calon jemaah haji sebagai seleksi awal. Dan tahap kedua dilaksanakan setelah melihat hasil dari pemeriksaan tahap pertama yang nantinya akan dilaksanakan di Rsud dr. R. Soetrasno Rembang untuk mengecek kembali kondisi Calon Jamaah Haji yang memiliki riwayat penyakit beresiko tinggi dan menentukan apakah Calon Jamaah Haji memenuhi syarat kesehatan guna menunaikan ibadah haji. Pemeriksaan lanjutan di RSUD seperti rontgen, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan rekam jantung (EKG), Echocardiografi, dan konsultasi dokter spesialis penyakit dalam (Internist). Untuk pemeriksaan penyakit dalam mulai dari Paru, Jantung, dan Rehab medik, Psikiatri, Neuro, Bedah dan THT.

Konsultasi dengan Spesialis Penyakit Dalam dr. Eddy Susatyo, Sp.PD
Skrinning Oleh Ns. Abdur Rochim S.Kep.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *