Cegah Dehidrasi dengan 8 Gelas Air Selama Puasa

Selama bulan ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa, yaitu sebuah kegiatan menahan lapar dan haus yang dimulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Sehingga selama lebih dari 12 jam, tubuh kita akan terus kehilangan asupan nutrisi dan juga cairan dalam tubuh yang menyebabkan kurangnya energi dalam menjalankan keseharian di saat berpuasa.

Kondisi kekurangan cairan dalam tubuh, sering juga disebut dengan dehidrasi. Kondisi demikian akan menyebabkan timbulnya rasa haus dan tubuh mulai lelah ketika menjalankan aktivitas dan beribadah pada kondisi puasa

Namun demikian, puasa bukan menjadi alasan bagi kita untuk bermalas malasan, sehingga penting bagi kita untuk kembali memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau terhidrasi dengan minum air putih 8 gelas dalam sehari pada saat berbuka puasa maupun saat santap sahur. Sehingga, tubuh kita akan tetap berenergi selama puasa, serta dapat beraktivitas dan beribadah dengan lancar.

Alur Minum 8 Gelas Perhari

Berikut ini merupakan rekomendasi waktu yang cocok untuk kamu dalam memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh dengan 8 gelas air putih dalam sehari pada saat berbuka dan santap sahur, diantaranya adalah :

– 1 (satu) gelas setelah bangun tidur

– 1 (satu) gelas selepas sahur

– 1 (satu) gelas saat berbuka puasa

– 1 (satu) gelas setelah salat Maghrib

– 1 (satu) gelas setelah makan malam

– 1 (satu) gelas setelah salat Isya

– 1 (satu) gelas setelah salat Tarawih

– 1 (satu) gelas sebelum tidur

Manfaat Mengkonsumsi 8 Gelas Perhari Selama Puasa

Dengan menerapkan rekomendasi alur dalam mengkonsumsi 8 gelas air putih pada saat berbuka dan sahur diatas, diharapkan tubuh dapat terhidrasi dengan baik sehingga tubuh lebih sehat dan berenergi dalam menjalankan aktivitas serta beribadah saat puasa, sehingga di Bulan Suci Ramadhan tahun ini, kita bisa fokus dalam beribadah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *