1143 Orang Tenaga PPPK JF GURU Kab. Rembang Telah Melaksanakan Medical Cek Up Di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang

RSUD dr. R. Soetrasno Rembang: Telah dilaksanakan pemeriksaan MCU bagi PPPK JF Guru Kab. Rembang yang berlangsung sejak tanggal 14 – 29 April 2023 di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang. Pemeriksaan bertempat di Klinik Medical Cek UP tepatnya di Gedung Paviliun Kartini Lantai 2, Tim Medikal Cek Up melaksanakan Kegiatan Pelayanan Medikal Cek Up (MCU) untuk Tenaga PPPK dari Tenaga Pendidik untuk Guru SD dan SMP sejumlah 1143 Orang.

Rata-rata per hari 150 orang untuk MCU termasuk tes kesehatan kejiwaan untuk tenaga pegawai PPPK,” ujar dr. Intaningtyas Subawati selaku Kasie Pelayanan Medik RSUD dr. R. Soetrasno Rembang

dr. Intaningtyas mengatakan untuk MCU sendiri meliputi pemeriksan Kesehatan jasmani, narkoba, dan kejiwaan. Sementara untuk tes kesehatan kejiwaan atau rohani meliputi tes tertulis MMPI dan wawancara.

Banyaknya orang yang melakukan pemeriksaan setiap hari terutama untuk peserta PPPK, dr. Intaningtyas menyampaikan hingga saat ini pihaknya belum menemukan masalah yang signifikan.

“Kami selalu sesuaikan kuota pasien dengan tenaga pelaksana yang ada di rumah sakit bahkan kita juga melayani MCU PPPK dari Kabupaten lain yang di luar dari formasi Pemkab Rembang, kebanyakan dari Blora, Pati, Tuban dan juga PPPK dari provinsi, kalau ditotal keseluruhan yang melaksanakan PPPK di RSUD bisa mencapai 1400 an orang ,” ujar dr. Intaningtyas.

dr. Intaningtyas juga menambahkan RSUD Rembang melayani pasien PPPK setiap hari kecuali hari libur dan cuti bersama.

Sebagai gambaran, tes kesehatan kejiwaan atau rohani ini menggunakan instrumen tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) yang merupakam tes psikometri untuk mengukur psikopatologi orang dewasa. Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat. Di lain sisi tujuan tes MMPI bagi tenaga PPPK guru ini merupakan suatu persyaratan administrasi dan kelengkapan pemberkasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *