Tips Mencegah Hepatitis Sejak Dini

Cara mencegah hepatitis penting untuk diketahui dan dilakukan sejak dini agar terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kanker hati. Beragam langkah pencegahan tersebut tidak luput dari menjalani pola hidup sehat, mulai dari rajin mencuci tangan hingga mengurangi konsumsi alkohol.

Hepatitis adalah peradangan hati yang umumnya ditandai dengan gejala berupa demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi virus, konsumsi alkohol berlebih, dan penyakit autoimun. Beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan hepatitis adalah virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

Jika tidak ditangani dengan baik, hepatitis dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal hati, kanker hati, bahkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah hepatitis agar terhindar dari penyakit ini.

Beragam Cara Mencegah Hepatitis

Hepatitis yang disebabkan oleh penyakit autoimun tidak bisa dicegah, tetapi ada cara untuk mencegah hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus dan konsumsi alkohol.

Berikut ini adalah beragam cara mencegah hepatitis:

1. Lakukan vaksinasi

Langkah utama untuk mengurangi risiko terkena infeksi penyakit hepatitis adalah dengan melengkapi status vaksin hepatitis. Vaksin ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi guna melawan virus hepatitis. Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari penyakit hepatitis.

Cara mencegah hepatitis satu ini diberikan ketika Anda masih bayi. Namun, orang dewasa atau remaja juga perlu mendapatkan vaksin hepatitis, terutama jika memiliki rencana untuk berkunjung ke negara endemis hepatitis.

2. Jaga kebersihan tangan

Virus hepatitis dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja penderita hepatitis, maupun melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh lainnya dari penderita.

Sebagai salah satu cara mencegah hepatitis, cobalah membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pada beberapa kondisi berikut ini:

  • Sebelum dan sesudah makan
  • Sebelum dan setelah mengolah bahan makanan
  • Setelah buang air kecil atau buang air besar
  • Setelah membersihkan luka

3. Perhatikan kebersihan makanan dan minuman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virus hepatitis, terutama hepatitis A dan hepatitis E, dapat menyebar melalui feses yang mencemari makanan dan minuman.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang diolah secara higienis dan dimasak hingga matang sebagai cara mencegah hepatitis, terutama jika Anda sedang berpergian ke negara endemik hepatitis.

4. Lakukan hubungan seksual yang aman

Virus hepatitis, terutama hepatitis B, dapat menular melalui kontak langsung dengan sperma atau cairan vagina saat berhubungan seksual, baik secara vaginal, anal, maupun oral.

Berhubungan seksual yang aman, misalnya dengan tidak bergonta-ganti pasangan dan selalu menggunakan kondom, juga merupakan salah satu cara mencegah hepatitis.

5. Hindari berbagi barang pribadi

Penggunaan beberapa barang pribadi, seperti pisau cukur, sikat gigi, dan gunting kuku, dapat membuat kulit tergores atau terluka. Jika Anda mengidap hepatitis, darah yang terinfeksi virus dapat mengontaminasi barang-barang ini dan menularkan virus ketika digunakan oleh orang lain.

Untuk mengurangi risiko terjaidnya penyebaran hepatitis, sekaligus sebagai cara mencegah hepatitis, Anda disarankan untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Dengan begitu, risiko terjadinya penularan hepatitis pun dapat berkurang.

6. Hindari penggunaan jarum yang tidak steril

Penggunaan jarum pada aktivitas medis maupun nonmedis, seperti pembuatan tato atau tindik, yang kurang steril dapat meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi hepatitis.

Jika Anda ingin ditato atau ditindik, lakukanlah di tempat yang terpercaya dan pastikan alat yang digunakan steril. Dengan begitu, Anda pun akan terhindar dari hepatitis.

7. Batasi konsumsi minuman beralkohol

Membatasi konsumsi minuman beralkohol juga bisa menjadi salah satu cara mencegah hepatitis. Untuk pria, batasi konsumsi alkohol menjadi 2 gelas per hari. Sementara untuk wanita, jangan mengonsumsi alkohol lebih dari 1 gelas per hari.

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dan sering dapat melukai sel-sel organ hati. Seiring berjalannya waktu, konsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan dan jaringan parut pada hati, sehingga hepatitis pun terjadi.

Jika Anda merasakan beberapa keluhan yang menyerupai gejala hepatitis, seperti kelelahan, urine berwarna gelap, sakit perut, tidak nafsu makan, berat badan turun tanpa sebab, dan penyakit kuning, meskipun telah menerapkan berbagai cara mencegah hepatitis di atas, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai.

Ditinjau oleh : dr. Mustain, Sp.PD

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *