Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut?

Memelihara kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orang agar terhindar dari masalah gigi dan mulut, seperti sakit gigi, gigi berlubang, gusi berdarah dan masalah lainnya. Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut:

  1. Menggosok gigi minimal 2x sehari (pagi setelah makan dan malam sebelum tidur) menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2. Pilihan sikat gigi yang tepat

Pemilihan sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut sehingga nyaman digunakan. Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang Anda pilih memiliki ujung yang kecil membulat. Cara menyikat gigi juga menentukan kesehatan gigi dan mulut. Disarankan untuk menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi. Selain itu, disarankan meluangkan waktu selama 2 menit untuk menggosok gigi dan lidah secara keseluruhan dan mengganti sikat gigi tiga bulan sekali.

3. Mengurangi makanan manis

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

4. Tidak merokok dan mengonsumsi alcohol

Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Kerugian lain jika Anda merokok adalah gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut.

5. Melakukan flossing

Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Setelah itu, bisa menggunakan obat kumur dengan air garam, misalnya garam bambu, untuk membersihkan gigi dan mulut.

6. Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur

Kebiasaan sehari-hari yang lakukan di atas penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Meski demikian, disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi tiap enam bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda juga perlu memenuhi asupan makanan bergizi, seperti buah dan sayuran, serta banyak minum air putih.

Jika ada masalah pada kesehatan gigi dan mulut, jangan ragu untuk berkonsultasi di klinik gigi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, agar tidak menimbulkan masalah yang makin serius.

drg. Agatha Prita

Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut Nasional

12 September 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *