HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) SEDUNIA

Mencuci tangan adalah salah satu praktik kebersihan dasar yang sangat efektif dalam mencegah penyakit. Ini adalah langkah penting dalam pengendalian infeksi, terutama ketika kita berhadapan dengan mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan kuman.

Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Dilansir dari situs Global Handwashing, tema yang diusung Hari Cuci Tangan Sedunia 2023 yaitu “Clean hands are within reach” atau “Tangan bersih berada dalam jangkauan” dimana setiap orang memiliki peran untuk memastikan kondisi tangan yang bersih dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

    Pentingnya Mencuci Tangan :

    1. Pencegahan Penyakit Menular: Tangan adalah sarana utama bagi mikroorganisme    patogen seperti bakteri, virus, dan kuman untuk menyebar. Dengan mencuci tangan, kita menghilangkan potensi sumber infeksi dan mencegah penyebaran penyakit menular, seperti flu, diare, dan infeksi saluran pernapasan.

    2. Mencegah Penularan Kuman: Setiap hari kita berinteraksi dengan berbagai permukaan dan objek yang mungkin terkontaminasi oleh mikroorganisme berbahaya. Mencuci tangan membantu menghindari penularan kuman dari objek-objek tersebut ke tubuh kita.

    3. Perlindungan terhadap Kelompok Rentan: Bayi, lansia, dan individu dengan sistem kekebalan yang lemah adalah lebih rentan terhadap penyakit. Mencuci tangan membantu melindungi kelompok-kelompok ini dari risiko infeksi yang serius.

    4. Pencegahan Penyebaran Wabah: Selama wabah penyakit menular seperti pandemi flu atau COVID-19, mencuci tangan menjadi langkah pertama dan paling efektif untuk menghentikan penyebaran penyakit.

    5. Menghindari Keracunan Makanan: Mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan adalah cara yang efektif untuk mencegah keracunan makanan. Tangan yang bersih membantu menghindari kontaminasi makanan.

    Yuk, jadikan cuci tangan pakai sabun sebagai budaya hidup sehat….

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *