MEMPERINGATI HARI PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS (PPOK) SEDUNIA : BREATHING IS LIFE-ACT EARLIER

Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) Sedunia atau World COPD Day diperingati setiap Rabu minggu ketiga di bulan November. Di tahun 2023, hari peringatan tersebut jatuh pada 15 November. Hari PPOK Sedunia pertama kali diselenggarakan pada 2002 oleh Global Initiative for Chronic Obstructive Lung Disease (GOLD).

GOLD adalah lembaga yang bekerja sama dengan para tenaga medis profesional dan fasilitas kesehatan di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran terhadap PPOK, serta meningkatkan upaya pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut.

PPOK adalah penyakit peradangan paru kronis yang menyebabkan terhalangnya aliran udara dari paru-paru. Penyakit ini umumnya menimbulkan gejala berupa batuk berdahak, kesulitan bernapas, dan bengek. PPOK kerap dialami oleh perokok aktif maupun orang-orang yang sering secara tak sengaja menghirup asap rokok (perokok pasif). Selain itu, risiko PPOK juga mengintai orang-orang kerap terpapar gas atau partikel beracun.

Dikutip dari laman resmi GOLD, Hari PPOK Sedunia 2023 mengangkat tema ‘Breathing is Life – Act Earlier’. Tema ini memiliki maksud untuk menyoroti betapa krusialnya menjaga kesehatan paru-paru, serta pentingnya melakukan diagnosis dan intervensi sejak dini. Tema tersebut juga mengingatkan masyarakat kalau menjaga kesehatan paru-paru sejak muda lebih baik dan melakukan tindakan sekarang lebih baik daripada nanti.

Setiap tahun, berbagai lembaga dari lebih dari 50 negara di dunia menyelenggarakan beragam kampanye dan aktivitas yang bertujuan untuk menyoroti pentingnya edukasi tentang PPOK dalam rangka menurunkan angka kasus penyakit tersebut secara global.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *