HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA 2023 : SINERGI BERANTAS KORUPSI, UNTUK INDONESIA MAJU

Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia diperingati pada tanggal 9 Desember sebagai bentuk komitmen dunia dalam melawan korupsi.
Hari Antikorupsi Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2003, Hakordia telah menyatukan pandangan negara-negara bahwa korupsi merupakan musuh bersama karena dampak buruk yang ditimbulkannya.

Melalui Hakordia, negara-negara ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan yang luar biasa. Peringatan Hakordia di Indonesia diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
KPK telah merilis Tema Hakordia 2023. Seperti dilansir laman resminya, Tema Hari Antikorupsi Sedunia 2023 adalah “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”.

Dengan tema tersebut, KPK ingin melibatkan peran serta masyarakat dan partisipasi publik untuk meningkatkan kesadaran dalam memberantas korupsi, sehingga masyarakat dapat menjadi aktor utama dengan terus menumbuhkan inisiatif dan rasa kepemilikan masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

Seperti dilansir laman resmi KPK, Logo Hakordia 2023 ini merupakan logo abstrak yang menggambarkan semangat melawan dan memberantas korupsi di Indonesia. Desain logo tersebut dibuat menampilkan ilustrasi orang saling bergenggaman/bergandeng erat dan bersatu dalam keanekaragaman yang digambarkan dengan banyak warna.

Filosofi Logo: “Sinergi” bermakna kolaboratif yang melibatkan partisipasi seluruh pihak dalam memberantas korupsi, dan Mengandung makna optimisme Indonesia untuk bersinergi memberantas korupsi.
“Berantas” bermakna semangat, daya juang, kebangkitan, dan tidak permisif terhadap korupsi.
“Indonesia Maju” terinspirasi dari tema HUT ke-78 kemerdekaan RI, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Kata ini merupakan harapan dari upaya pemberantasan korupsi yang berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia maju.

RSUD dr. R. Soetrasno Rembang juga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang Adil, Setara dan Bebas Korupsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *