WORLD CANCER DAY 2024: CLOSE THE CARE GAP

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Kanker sendiri terdiri dari banyak jenis mulai dari yang jinak hingga yang ganas. Meski begitu kanker masih bisa disembuhkan. Namun bisa sembuh total atau tidaknya tergantung dari stadium dan jenis kanker. Penyebab kanker sampai saat ini masih beragam. Ada yang karena faktor genetik, pola hidup tidak sehat, pola makan tidak sehat, merokok dan lainnya.

Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Sejarah Hari Kanker Sedunia Hari Kanker Sedunia merupakan inisiasi dari Union for International Cancer Control (UICC) dimana UICC adalah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang sudah banyak dedikasi untuk menyatukan komunitas kanker dan mengintegrasikan pengendalian kanker ke dalam agenda kesehatan dan pembangunan dunia.

Melalui tema ‘Close the Care Gap’, Hari Kanker Sedunia 2024 mengajak seluruh dunia untuk bersatu dalam upaya menutup kesenjangan perawatan kesehatan dan memastikan bahwa setiap individu, tanpa memandang latar belakangnya, memiliki akses yang setara terhadap pelayanan pencegahan dan perawatan kanker yang diperlukan.

Dengan adanya Hari Kanker Sedunia diharapkan bisa memberi semangat pada pasien kanker untuk terus hidup sehat dan yakin akan kesembuhan. Sementara bagi orang lainnya diharapkan bisa membuka mata untuk mulai melakukan gaya hidup sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *