TERKINI, RSUD dr. R SOETRASNO REMBANG MELUNCURKAN LAYANAN TERBARU ESWL UNTUK PASIEN BATU GINJAL

Memasuki usia 69 tahun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Sutrasno Rembang, meluncurkan peralatan baru untuk menangani penyakit batu ginjal. Mulai 19 Februari 2024 ini, RS tersebut melayani pemecahan batu ginjal tanpa sayatan, dengan Extracorporeal Shock Wafe Lithotripsy (ESWL).

Kasi Informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik, menyampaikan, mulai 19 Februari 2024, pihaknya telah mengoperasionalkan ESWL. Alat itu menggunakan metode tembak laser batu ginjal, sehingga tidak meninggalkan bekas sayatan di tubuh pasien.

“Tahun 2024 ini, RSUD mulai mengembangkan layanan urologi dengan melengkapi alat namanya ESWL. Alat untuk layanan pasien dengan batu ginjal, yang dulu operasi dengan sayatan dan meninggalkan bekas luka, sekarang bisa ditembak dengan laser,” ungkapnya, saat ditemui di ruang ESWL, Senin (19/2/2024).

Ditambahkan, seusai diluncurkan, sejumlah pasien datang dan merasakan manfaat alat baru itu terlebih lagi Layanan ESWL juga bisa ditanggung BPJS Kesehatan. “Masyarakat silahkan memanfaatkan fasilitas ini, karena sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan,” ujarnya..

Secara terpisah Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran RSUD dr R Soetrasno, dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat. Dikatakan, kemajuan terus terjadi mulai teknologi maupun sarana dan prasarananya.

“Diusianya yang ke-69, usia yang cukup matang ini, RSUD mampu memberikan kontribusi pada layanan kesehatan. Dibuktikan dengan berbagai kemajuan termasuk teknologinya, seperti layanan urologi dengan adanya alat ESWL,” imbuhnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *