HARI GINJAL SEDUNIA 2024 : KESEHATAN GINJAL UNTUK SEMUA

Tanggal 7 Maret 2024 diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day (WKD) yang merupakan peringatan untuk mengkampanyekan kesadaran penduduk dunia terhadap pentingnya kesehatan ginjal dengan mengambil tema “Memajukan akses yang adil terhadap layanan dan praktik pengobatan yang optimal”

Ginjal merupakan salah satu organ yang tidak pernah berhenti bekerja meski tubuh dalam keadaan tidur. Diperkirakan ada hampir 200 liter darah yang harus ‘disaring’ oleh ginjal setiap harinya. Meskipun ginjal hanya sebesar kepala tangan, namun ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki banyak peranan penting dalam menunjang kesehatan tubuh, antara lain menjaga keseimbangan tubuh, memproduksi hormon yang membantu produksi sel darah merah, hingga menunjang kesehatan tulang dan mengatur tekanan darah.

Penyakit ginjal kronis (CKD) diperkirakan mempengaruhi lebih dari 850 juta orang di seluruh dunia dan mengakibatkan lebih dari 3,1 juta kematian pada tahun 2019. Saat ini, penyakit ginjal menduduki peringkat ke-8 penyebab kematian utama, dan jika tidak ditangani, penyakit ini diproyeksikan menjadi penyebab utama ke-5 hilangnya nyawa pada tahun 2040

Untuk mencapai perawatan ginjal yang optimal diperlukan upaya mengatasi hambatan di berbagai tingkatan sambil mempertimbangkan perbedaan kontekstual di seluruh wilayah dunia. Hal ini mencakup kesenjangan dalam diagnosis dini, kurangnya layanan kesehatan universal atau cakupan asuransi, rendahnya kesadaran di kalangan petugas layanan kesehatan, dan tantangan terhadap biaya pengobatan dan aksesibilitas. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *