Upaya Wujudkan ASN ber AKHLAK dan Ber Integritas, RSUD dr. R. Soetraso Gelar Tausiyah dalam Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1445 H.

RSUD dr. R. Soetraso Rembang gelar tausiyah bertepatan dengan peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1445 H.

Plt. Direktur RSUD dr. R. Soetrasno Rembang menyampaikan kegiatan tausiyah digelar dalam rangka meningkatkan Integritas seluruh civitas RSUD dr. R. Soetraso Rembang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) berlangsung di Mushola Al-Afiyah RSUD Rembang, Kamis, ( 28/3/2024).

Dalam kegiatan tausiyah tersebut menghadirkan penceramah KH. Adib Bisri Hattani ( Pengasuh Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Rembang), yang diikuti secara langsung oleh Direktur, Pejabat Struktural, karyawan/karyawati RSUD dr. R. Soetraso Rembang. Kegiatan ini juga disiarkan secara virtual melalui media IG Live dan Kanal Youtube.

Pada kesempatan ini Plt. Direktur RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, dr. Agus Setiyo HP mengajak kepada segenap jajarannya untuk menjadikan momen nuzulul Quran ini untuk senantiasa meningkatkan integritas dan etos kerja di dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat sesuai nilai-nilai kebaikan yang ada dalam Al-Quran dalam membangun  Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

“Bekerja sebagai nakes tidak terlepas dari pemahaman dan niat baik dalam bekerja dengan Iman, Islam dan Ikhsan sehingga akan tercermin Akhlaq yang baik, bukan hanya mengejar prestasi dunia semata, akan tetapi senantiasa diniatkan karena Allah SWT, niscaya Allah SWT akan membalasnya dengan nikmat dan kebaikan yang berlipat,” ucap dr. Agus di konfirmasi.

Sementara KH. Adib Bisri Hattani dalam tausiahnya menyampaikan, pada bulan Ramadan ini tepat di malam Nuzulul Qura’an menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an.

“Penyelenggaraan peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran-ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Bagi kaum muslimin, Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif,” ucap Gus Adib.

Al-Qur’an telah memberikan pedoman contoh sempurna untuk diteladani demi mewujudkan ASN yang berakhlak.

“Al-Qur’an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan. Dalam menjalankan Al-Qur’an kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW. Kepribadian kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an, menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama. Kita semua sebagai umatnya, harus meneladani kemuliaan akhlak Nabi Muhammad tersebut,” lanjutnya.

“ASN berakhlak merupakan ASN yang akan membawa RSUD dr. R. Soetrasno Rembang menjadi RS yang jauh lebih baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta mampu menjadi kebanggan masyarakat Rembang .

“Yang dibutuhkan dari seorang ASN itu bukan hanya kecerdasannya, tapi yang terpenting akhlaknya. Baik akhlaknya, InsyaAllah baik juga yang lain-lainnya. Dan jika semua ASN kita berakhlak mulia, maka akan baik pula RSUD dr. R. Soetrasno Rembang ini,” kata Gus Adib.

KH. Adib Bisri Hattani selalu mengingatkan dan menyemangati ASN untuk termotivasi menjadi ASN berakhlak dan berintegritas.

Kata KH. Adib Bisri Hattani, Hak Prerogatif dan rahasia Allah mencakup 3 hal yakni jodoh, ajal dan rizki. “Jika sesuatu bukan rezeki bagi kita tidak akan didekatkan dan hendaklah jangan berlebihan di dalam gaya hidup melebihi kemampuan dan penghasilan kita,” tuturnya.

“Memulai hari dan setiap kegiatan dengan berdoa dan bertolak bala dengan bersedekah sehingga jika itu semua dijiwai dan diterapkan didalam kehidupan kita sehari-hari dapat menjadikan jiwa,hati dan hidup kita tentram dan diberkahi oleh Allah SWT, karena jika Allah sudah melindungi tidak akan ada suatu kekuatan yang dapat menghancurkan,” terang Gus Adib.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *