Categories
2020 COVID-19 TESTPCR

Test Swab PCR untuk Penegakan Diagnostik Covid-19

MARI MENGENAL TEST SWAB PCR

Berdasarkan Keputusan Kemeterian Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 telah dinyatakan bahwa WHO merekomendasikan pemeriksaan Molekuler untuk mendiagnosa seluruh pasien yang terduga terinfeksi COVID-19. Metode yang dianjurkan adalah metode pemeriksaan Test Swab PCR.
PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Pemeriksaan swab PCR menggunakan sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode PCR. PCR merupakan pemeriksaan untuk mencocokkan sampel dengan RNA yang dipunyai virus. RNA dari sampel tersebut akan dicocokkan dengan susunan RNA SARS-COV2 yang sebelumnya sudah ada. Jika cocok, maka RNA yang ada di sampel tersebut adalah benar RNA SARS COV-2. Ini berarti bahwa orang tersebut positif terinfeksi Covid-19. Sebaliknya, jika ternyata tidak cocok, tandanya orang tersebut negatif terinfeksi Covid-19.

Dokumentasi Kegiatan Edukasi Keluarga Pasien Mengenai Test Swab PCR

Kegiatan edukasi penatalaksanaan Covid-19 di Rumah Sakit diberikan kepada keluarga pasien, tak terkecuali tentang mekanisme test PCR sampai diperoleh hasil. Kegiatan ini penting dilaksanakan agar tidak terjadi misskomunikasi dan missinformasi antara RS dengan pasien/keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *