Categories
2020 COVID-19 TESTPCR

Test Swab PCR untuk Penegakan Diagnostik Covid-19

MARI MENGENAL TEST SWAB PCR

Berdasarkan Keputusan Kemeterian Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 telah dinyatakan bahwa WHO merekomendasikan pemeriksaan Molekuler untuk mendiagnosa seluruh pasien yang terduga terinfeksi COVID-19. Metode yang dianjurkan adalah metode pemeriksaan Test Swab PCR.
PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Pemeriksaan swab PCR menggunakan sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode PCR. PCR merupakan pemeriksaan untuk mencocokkan sampel dengan RNA yang dipunyai virus. RNA dari sampel tersebut akan dicocokkan dengan susunan RNA SARS-COV2 yang sebelumnya sudah ada. Jika cocok, maka RNA yang ada di sampel tersebut adalah benar RNA SARS COV-2. Ini berarti bahwa orang tersebut positif terinfeksi Covid-19. Sebaliknya, jika ternyata tidak cocok, tandanya orang tersebut negatif terinfeksi Covid-19.

Dokumentasi Kegiatan Edukasi Keluarga Pasien Mengenai Test Swab PCR

Kegiatan edukasi penatalaksanaan Covid-19 di Rumah Sakit diberikan kepada keluarga pasien, tak terkecuali tentang mekanisme test PCR sampai diperoleh hasil. Kegiatan ini penting dilaksanakan agar tidak terjadi misskomunikasi dan missinformasi antara RS dengan pasien/keluarga.

33 replies on “Test Swab PCR untuk Penegakan Diagnostik Covid-19”

Untuk saat ini permintaan PCR mandiri tanpa ada gejala Covid-19 belum dapat dilayani, kecuali pasien bergejala Covid-19 dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan di Poli Khusus RS kami.

Untuk saat ini permintaan PCR mandiri tanpa ada gejala Covid-19 belum dapat dilayani, kecuali pasien bergejala Covid-19 dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan (bila diperlukan pengambilan swab-PCR) di poli khusus RS kami. Terima kasih.

HALO min saya sudah rapid serology, nah saya reaktif. Apakah saya bisa swab pcr di rsud rembang? Dan biayanya berapa

RSUD dr. R. Soetrasno Rembang dapat melayani permintaan mandiri pemeriksaan laborat Covid-19. Untuk biaya PCR mandiri sebesar Rp.740.000,- – Rp.745.000,- (Harga BHP dapat berubah sewaktu-waktu sesuai harga terbaru).

untuk pelayanan pasien bergejala (swab-PCR) di poli khusus Covid tutup di hari libur nasional. untuk pasien kegawatdaruratan yang masuk melalui IGD tetap buka selama 24 jam.

Bila disertai gejala Covid dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan termasuk Swab-PCR (bila diperlukan) di Poli Khusus setiap hari Senin – Sabtu (kecuali hari libur nasional) dibuka pukul 07.30. Bila tidak disertai gejala, silakan komunikasikan dengan Puskesmas setempat. Terima kasih.

apakah RSUD Rembang melayani test rapid antigen dan swab untuk karyawan yg habis melakukan perjalanan dinas ke luar kota? Jika iya, bagaimana prosedurnya?

RSUD dr. R. Soetrasno Rembang sekarang sudah dapat melayani permintaan rapid antigen dan swab PCR mandiri, untuk pendaftaran dimulai pukul 07.30 s/d 11.00 dilakukan di klinik khusus dengan membawa kartu identitas.

Pendaftaran mulai jam 07.30 s/d 11.00 WIB di klinik khusus, setiap hari senin – sabtu (kecuali hari libur nasional).

Silakan untuk melakukan pemeriksaan di Klinik Mata terlebih dahulu, bila dari dokter spesialis Mata menganjurkan untuk melakukan operasi mata, sebelum pasien rawat inap akan dilakukan skrining pemeriksaan rapid antibody oleh pihak RS (gratis untuk pasien yang menggunakan prosedur BPJS Kesehatan, untuk pasien mandiri biaya rapid antibody Rp.111.000,-).

Untuk tes pcr buat syarat perjalanan jauh. Brapa lama masa berkalunya surat keterangan tes pcr tersebut ya ??..

Mohon untuk cross check terlebih dahulu persyaratan yang di minta oleh maspakai penerbangan, bandara atau KAI karena ada yang mensyaratkan untuk perjalanan 1 hari.

Hasil keluar Mulai H+1 jam kerja (Hasil PCR dapat keluar di hari yang sama dengan syarat pasien datang diambil sampel dan melakukan pendaftaran mulai jam 07.15-08.00. Bapak juga dapat memanfaatkan aplikasi eHAC untuk permintaan pemeriksaan PCR/ Rapid Test.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *