Memperingati Hari Diabetes Nasional 2024

Diperingati setiap tanggal 18 April, Hari Diabetes Nasional diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes.

Dikutip dari World Health Organization (WHO) diabetes merupakan penyakit metabolik yang terjadi ketika terdapat kadar gula yang tinggi pada tubuh, namun tidak dapat dipergunakan secara maksimal oleh tubuh. Diabetes dapat dikatakan sebagai kondisi yang termasuk dalam kategori penyakit kronis berbahaya, terutama jika sudah terjadi komplikasi.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes, yaitu :

·  Menerapkan Pola Makan Sehat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman cepat saji dengan kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi, tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Menerapkan pola makan sehat dengan porsi nutrisi yang seimbang, dapat mengurangi resiko terkena diabetes dan penyakit tidak menular lainnya karena kebutuhan nutrisi tubuh harian tercukupi dengan baik.

·  Menjaga Porsi Makan

Pentingnya menjaga jumlah asupan makanan harian agar tidak berlebihan dan meningkatkan risiko terkena obesitas, menjadi salah satu cara sederhana yang dapat diterapkan agar terhindar dari diabetes.

·  Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit diabetes. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu pencetus utama diabetes.

·   Banyak Minum Air Putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin dalam tubuh. Efeknya, risiko terkena diabetes menurun.

·   Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik, termasuk olahraga yang dilakukan secara rutin dapat dijadikan sebagai cara ampuh untuk mencegah diabetes. Olahraga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan glukosa ke otot sebagai cadangan energi.

·   Rutin Melakukan Pengecekan Gula Darah

Pengecekan gula darah penting dilakukan untuk memonitor kadar gula darah dan mendeteksi penyakit diabetes secara dini. Bagi yang bertubuh sehat dan tidak berisiko tinggi terkena diabetes, pengecekan ini dapat dilakukan setahun sekali.

·   Mengelola Stres

Stres yang tinggi dapat memicu tubuh menghasilkan hormon stres yang berkaitan dengan resistensi insulin. Oleh karenanya, penting untuk mengelola stres dengan baik agar risiko terkena diabetes menurun.

·   Tidak Merokok

Menghindari kebiasaan buruk merokok, menjadi salah satu cara agar terhindar dari risiko terkena diabetes. Pasalnya, kandungan nikotin pada rokok dapat merusak sel pankreas yang berfungsi memproduksi insulin, sehingga nantinya dapat meningkatkan risiko diabetes.

Selamat Hari Diabetes Nasional 2024 !

Yuk, kendalikan gula darahmu dengan gaya hidup sehat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *