Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di RSUD dr. R Soetrasno : Pentingnya Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat

Rembang – Dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), RSUD dr. R. Soetrasno Kab. Rembang menggelar kegiatan kerja bakti yang dipimpin oleh Kabag Tata Usaha RSUD dr. R. Soetrasno Dra. Sutartik, pada Jumat (24/2) di sekitar lingkungan RS melibatkan seluruh karyawan RS. Peringatan ini juga menjadi momentum masyarakat meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya sampah.

Peringatan HPSN jatuh pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Untuk HPSN tahun ini mengangkat tema ‘Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat’ yang diharapkan masyarakat sadar kebersihan lingkungan dan terus melakukan pemilahan sampah dari sumbernya..

Kabag Tata Usaha RSUD dr. R. Soetrasno Dra. Sutartik mengungkapkan, gerakan yang dilakukan tidak hanya fokus ke pengelolaan sampah saja, namun dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan.

Tak hanya itu, pengelolaan sampah ini merupakan upaya bersama dalam membiasakan budaya baru pengelolaan sampah, di mana seluruh elemen masyarakat wajib melakukan pengelolaan sampah sejak dari sumbernya.

“Masyarakat wajib melakukan pengelolaan sampah sejak dari sumbernya baik di lingkungan rumah tangga, tempat kerja maupun usaha, tempat ibadah, sekolah serta berbagai fasilitas umum dan sosial,” jelasnya.

Pihaknya juga menerangkan, RSUD dr. R. Soetrasno sudah memiliki kebijakan mengenai pengelolaan sampah domestic (non medis) sendiri dari mulai pengepakan, penimbangan dan pengumpulan di bak kontainer

Ia juga mengajak untuk para ASN RSUD dr. R. Soetrasno untuk terus berinovasi baik dalam pelayanan public ataupun ikut menerapkan gerakan zero sampah anorganik di tempat kerja dan lingkungannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *